Thursday, March 5, 2009

Julia Perez Mau Cerai Kapan Nikahnya ?

artis seksi julia perez selebritis bugilJAKARTA - Rumah tangga Julia Perez dan Damian Perez bermasalah. Bahkan, keduanya disebut-sebut akan bercerai. Tapi, Julia tak bisa cerai karena tak menikah.

"Terlalu cepat mengungkapkan perceraian. Tidak ada perceraian kalau tidak ada perkawinan," kata Gusti yang ditemui di Gedung Mustika Ratu lantai 2, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (4/3/2009).

Pengacara yang dulunya artis ini menggambarkan bahwa pernikahan Julia yang katanya terjadi di Prancis, tidak pernah tercatat secara hukum di kantor sipil di Indonesia. Itu menyebabkan Julia tidak akan bisa mengajukan cerai.


Gusti menjelaskan, menurut pasal UU Republik Indonesia No 1/1974 tentang perkawinan, tercatat pasal 2 ayat 1 bahwa perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.

Pasal 2 ayat 2, tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sementara di bagian kedua perkawinan di luar Indonesia, yakni tercatat di pasal 56 ayat 2, dalam waktu satu tahun setelah suami istri kembali di wilayah Indonesia, surat bukti perkawinan mereka harus didaftarkan di kantor pencatatan perkawinan di tempat tinggal mereka.

"Kalau si Jupe (panggilan Julia) dan Damian tidak mengikuti itu, tidak sah kalau tidak register di Indonesia. Nah, mau cerai di mana? Harus dicatat minimal satu tahun. Kalau mereka kan pernikahannya secara government dan tidak mendaftar di Indonesia. Nah, sekarang tidak mungkin melakukan gugatan cerai," papar mantan suami Nia Paramitha ini.

Masih kata Gusti, pernikahan yang dilakukan di luar negeri harus dicatatkan ke kantor konsulat Indonesia di negara tersebut. Kemudian di Indonesia harus dicatatkan di catatan sipil.

"Kalau pun cerai harus berada di yuridisi Prancis. Beredar isu, Jupe menggugat cerai di Pengadilan Agama Jakarta Barat, itu enggak ada. Terlalu prematur kita bicara perceraian karena perceraian harus ada perkawinan," tegasnya.

Jupe sendiri telah datang menemui Gusti seminggu lalu untuk konsultasi mengenai hak istri dan hak suami dalam pernikahan.

"Intinya kedatangan Julia ke sini seperti itu. Untuk cerai belum, mungkin ke arah situ nanti," tandasnya. (ang)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

The Pure of Wisdom

People who have a sincere policy is just a normal person. Something of the incredible human and extraordinary will not survive long. Who survive long is it - the simple and ordinary prose. All that is made will be lost their natural taste. Only natural that only the pure.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Orang yang memiliki kebijakan sejati hanyalah orang biasa. Sesuatu karya manusia yang menakjubkan dan luar biasa tidak akan bertahan lama. Yang bertahan lama adalah hal - hal yang sederhana dan biasa biasa saja. Semua yang dibuat akan kehilangan rasa alaminya. Hanya yang alami saja yang sejati.
 
© Copyright by angkatan 87 : SMA 1 DEMAK  |  Template by Blogspot tutorial