Tuesday, March 3, 2009

Dokumen Rahasia Bush Terkait Pelaku Terorisme Diungkap

Bush bukan orang DemakWASHINGTON - Departemen Kehakiman Amerika Serikat merilis dokumen rahasia militer AS terkait penanganan terorisme yang dibuat pada masa pemerintahan George W Bush.


Diberitakan Associated Press, Selasa (3/3/2009), dokumen yang dibuat satu bulan setelah tragedi 11 September itu di antaranya berisi, kewenangan militer untuk melakukan penangkapan pelaku teror di wilayah AS tanpa harus menunjukkan surat tuntutan atau kekuatan legal hukum lainnya.

Dokumen itu juga menyatakan, perlindungan konstitusional dari presiden dan otoritas militer tinggi AS bagi pihak yang melakukan penangkapan yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku itu.

Depkeh AS sendiri menolak memberikan isi terperinci dari dokumen itu. Dokumen itu merupakan satu dari sembilan yang dirilis Senin (2/3/2009) oleh pemerintahan Barack Obama.

Catatan lain menyebutkan, dua pekan setelah tragedi 11/9, pemerintahan Bush memikirkan rencana penyadapan telepon warganya tanpa harus menunjukkan izin legal.

Pembuat catatan dokumen, John Yoo menolak berkomentar terkait isi dokumen kontroversial itu.

Yoo menulis, presiden dapat melakukan apa pun kepada tersangka teroris di AS, seperti militer asing yang mencoba menginvasi AS. Dia mengatakan, negara tidak memerlukan jaminan untuk melindungi bangunan dari aksi serangan teroris yang akan meledakkan bom.

Yoo juga menyatakan, pemerintah juga berhak membatasi pemberitaan media dan ceramah-ceramah, tanpa harus menyebut alasannya.
(ton)
http://international.okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

The Pure of Wisdom

People who have a sincere policy is just a normal person. Something of the incredible human and extraordinary will not survive long. Who survive long is it - the simple and ordinary prose. All that is made will be lost their natural taste. Only natural that only the pure.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Orang yang memiliki kebijakan sejati hanyalah orang biasa. Sesuatu karya manusia yang menakjubkan dan luar biasa tidak akan bertahan lama. Yang bertahan lama adalah hal - hal yang sederhana dan biasa biasa saja. Semua yang dibuat akan kehilangan rasa alaminya. Hanya yang alami saja yang sejati.
 
© Copyright by angkatan 87 : SMA 1 DEMAK  |  Template by Blogspot tutorial