Thursday, March 5, 2009

China Naikkan Belanja Militer

militer china anti terorisNewsroom, China mengatakan akan menaikkan besaran belanja militernya hanya 14,9 persen tahun ini sehingga menjadi 480,6 miliar yuan, atau sekitar Rp 85 triliun.

Dana tersebut akan digunakan untuk membayar kenaikan gaji, modernisasi, dan program peningkatan kapasitas, termasuk upaya anti-terorisme dan bantuan bencana, kata seorang juru bicara pemerintah.


Kekuatan militer China dipakai untuk melindungi diri bukan sebagai ancaman terhadap negara mana pun, kata seorang pejabat negara, Li Zhaoxing.

Pengamat berpendapat belanja pertahanan China sesungguhnya lebih besar dari angka resmi yang diumumkan, namun menurut Beijing tidak ada yang disembunyikan.

"Tidak ada yang disebut dengan pengeluaran militer tersembunyi di China," kata Li dalam sebuah jumpa pers di Beijing.

Cukup Rendah

Anggaran militer yang baru ini dikeluarkan menjelang pertemuan nasional tahunan Kongres Rakyat China, yakni Parlemen China, yang akan dimulai Kamis.

Li menyebut peningkatan anggaran ini cukup rendah, karena China ingin melindungi kedaulatan dan integritas wilayahnya "bukan untuk mengancam negara mana pun."

Pengamat mengatakan penambahan anggaran militer China itu merupakan yang ke-19 kalinya dalam 20 tahun terakhir.

Kenaikan anggaran pertahanan sebelumnya selalu disambut dengan kekhawatiran dari negara-negara tetangga China dan AS, yang sebelumnya menyuarakan keprihatinan terkait upaya Beijing memodernisasikan militernya.

Wartawan BBC James Reynolds di Beijing mengatakan banyak orang di China yang berpendapat --dalam hitungan per kapita-- anggaran militer China ini masih cukup rendah.

Mereka juga berpandangan anggaran militer China ini masih sekitar delapan kali lebih kecil ketimbang anggaran militer AS.

Pengeluaran milter AS untuk tahun 2009 telah dipatok sekitar US$ 515 miliar, atau sekitar Rp 560 triliun, naik 7,5 persen dari tahun 2008. Angka ini belum termasuk miliaran dolar yang dianggarkan untuk perang di Irak dan Afghanistan. (doa/BBC)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

The Pure of Wisdom

People who have a sincere policy is just a normal person. Something of the incredible human and extraordinary will not survive long. Who survive long is it - the simple and ordinary prose. All that is made will be lost their natural taste. Only natural that only the pure.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Orang yang memiliki kebijakan sejati hanyalah orang biasa. Sesuatu karya manusia yang menakjubkan dan luar biasa tidak akan bertahan lama. Yang bertahan lama adalah hal - hal yang sederhana dan biasa biasa saja. Semua yang dibuat akan kehilangan rasa alaminya. Hanya yang alami saja yang sejati.
 
© Copyright by angkatan 87 : SMA 1 DEMAK  |  Template by Blogspot tutorial