Saturday, January 31, 2009

Membuat e-mail ( Gmail ) Untuk Membuat Blog

Sebelum membuat blog dan mendaftar ke layanan Blogger kita harus mempunyai alamat email terlebih dahulu. Banyak sekali layanan email yang bisa kita buat dan dapatkan secara free/ gratis dengan hanya mendaftar dengan cara - cara yang sangat mudah. Di sini saya contohkan membuat email dari produk google, yaitu Gmail. Gmail itu apa?


Gmail atau Google Mail adalah salah satu layanan Email dari produk Google, setelah kita mendapatkan nama Email ini selanjutnya kita gunakan sebagai nama User Name kita pada waktu mendaftar ke Blogger untuk membuat blog. Gmail yang kita gunakan sebagai emailnya karena layanan Email selain Gmail tidak akan support dengan Blogger, jadi sudah suatu keharusan jika ingin membuat blog diblogger harus membuat email di Gmail. Jika belum punya account di Gmail saya akan mengajarkan langkah mudah atau cara mendaftarkan kelayanan tersebut.

Langkah-langkah mendaftarkan ke Gmail adalah:

Pertama yang kita lakukan yaitu menjalankan web Browser, disini kita menggunakan browser Firefox sebagai web Client-nya. Setelah itu pada Address Bar ketikan http://www.gmail.com jangan lupa tekan enter.

Jika halaman telah terbuka, kemudian klik Sign up ke Gmail, ini berarti kita sebagai user baru yang akan melakukan proses pendaftaran pertama kali.

Kemudian pada halaman akan tampil “Citakan Sebuah Account” disini kita diminta untuk memasukan beberapa data pribadi kita. Masukan data sesuai dengan arahan dan diisi sesuai pertanyaan yang diminta, seprti berikut.

Contoh masukan data:

Nama Depan : Isikan nama pertama kita

Nama Belakang: Isikan nama belakang kita

Nama Login Yang Diinginkan: Ini merupakan nama email kita nantinya

Pilih sebuah sandi: masukan password / kata kunci minimal 8 karakter

Masukkan lagi: Masukan lagi password yang sama seperti diatas

Pertanyaan Rahasia: Pilih pertanyaan yang ada (ini diperlukan jika kita lupa password kita)

Jawaban: masukan jawaban (harus diingat jawaban ini bila perlu dicatat)

Email sekunder: tidak harus diisi tetapi jika kita punya alamat email yang lain kita dapat memasukannya.

Lokasi: Lokasi anda berada sekarang

Verifikasi Kata: masukan angka atau huruf sesuai dengan gambar dibawahnya (Gambar tersebut agak terlihat aneh dan abstrak)


Jika sudah memasukan data diatas klik Tombol “Saya Menerima. Buat account saya” sampai disini tahapan pembuatan email selesai.

Jika tidak ada kesalahan maka proses pembuatan email kita berhasil. Catat alamat Email serta Password anda ditempat yang aman.

Nah mudah bukan, kita sudah punya alamat email dari Gmail, dan siap digunakan untuk membuat blog di www.blogger.com.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

The Pure of Wisdom

People who have a sincere policy is just a normal person. Something of the incredible human and extraordinary will not survive long. Who survive long is it - the simple and ordinary prose. All that is made will be lost their natural taste. Only natural that only the pure.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Orang yang memiliki kebijakan sejati hanyalah orang biasa. Sesuatu karya manusia yang menakjubkan dan luar biasa tidak akan bertahan lama. Yang bertahan lama adalah hal - hal yang sederhana dan biasa biasa saja. Semua yang dibuat akan kehilangan rasa alaminya. Hanya yang alami saja yang sejati.
 
© Copyright by angkatan 87 : SMA 1 DEMAK  |  Template by Blogspot tutorial