Tuesday, October 27, 2009

40 Tahun Ditemukannya Internet

Leonard Kleinrock penemu internet dari University of Califaornia Los Angeles ( UCLA ) di angkatan 87 sma 1 DemakSekarang ini pemakaian internet sungguh luar biasa cepat perkembangannya. Dengan internet banyak sekali aplikasi yang memudahkan semua penggunanya untuk memperoleh yang diinginkan. Lihat saja jutaan orang sudah memakai facebook sebuah situs jaringan pertemanan terbesar memudahkan untuk saling berinteraksi dan menemukan kembali teman dan mencari teman untuk saling berbagi informasi dan sharing.

Dengan internet, orang bisa bebas mengekspresikan bakat terpendamnya maupun kemampuan intelektualnya lewat menulis baik lewat situs gratis bermutu seperti blogger, ataupun dengan membeli domain dengan hanya mengeluarkan sedikit uang, bisa mempunyai homepage sendiri. Siapakah orang yang sangat berjasa menemukan internet sehingga bisa seperti sekarang ini ? Dia adalah Leonard Kleinrock, seorang ilmuwan dari University of California Los Angeles ( UCLA ).


Empat puluh tahun silam, Leonard Kleinrock tidak pernah membayangkan ledakan facebook, twitter dan youtube seperti yang terjadi sekarang ini. Ditemukannya internet berawal dari 29 Oktober 1969 ketika Klinrock memimpin tim riset yang bertujuan membuat komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya didalam sebuah riset.

Asumsi sederhana yang melatarbelakangi riset ini adalah, Kleinrock berkeyakinan bahwa komputer bisa difungsikan saling bertukar data dan informasi sama halnya dengan pesawat telepone yang bisa saling bertukar audio suara. Sesederhana itulah dasar pemikirannya, hanya saja bagaimana hal tersebut bisa diterapkan pada antar komputer. Jawaban Kleinrock saat itu adalah, harus bisa memecahkan rahasia kode digital dan menjadikannya sebagai paket paket yang terpisah.

Kemudian, asumsi Leonard Kleinrock ini dijabarkan dalam desertasi masternya dan diterbitkan dalam sebuah buku. Tapi saat itu, tidak ada seorangpun yang tertarik dan peduli dengan visi internet gagasannya itu.

Sampai pada akhirnya, sebuah uji pertama kali yang didukung AT & T sebuah perusahaan terbesar America ( USA ) penyedia jaringan telepon terbesar menyediakan jalur penghubung komputer ARPANET yang didukung militer USA.

Percobaan menghubungkan antar komputer dengan ARPANET, gagal pada percobaan awalnya, dan untuk yang percobaan keduanya Leonar Kleinrock berhasil menghubungkan antar komputer di akhir tahun 1969. Inilah jejak awal dari internet yang sampai sekarang semakin berkembang pesat. Seperti ditulis di harian Kompas, edisi 26 Oktober 2009.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

The Pure of Wisdom

People who have a sincere policy is just a normal person. Something of the incredible human and extraordinary will not survive long. Who survive long is it - the simple and ordinary prose. All that is made will be lost their natural taste. Only natural that only the pure.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Orang yang memiliki kebijakan sejati hanyalah orang biasa. Sesuatu karya manusia yang menakjubkan dan luar biasa tidak akan bertahan lama. Yang bertahan lama adalah hal - hal yang sederhana dan biasa biasa saja. Semua yang dibuat akan kehilangan rasa alaminya. Hanya yang alami saja yang sejati.
 
© Copyright by angkatan 87 : SMA 1 DEMAK  |  Template by Blogspot tutorial